Jenis Obeng

jenis

Ada banyak jenis obeng yang tersedia dan dalam beberapa tahun terakhir banyak drive spesialis telah dikembangkan seperti Tri-wing, Torq-set dan Hexalobular namun Anda tidak mungkin menemukan sebagian besar drive spesialis kecuali Anda bekerja di industri yang sangat spesifik.

Kami akan berkonsentrasi pada tiga jenis obeng utama yang digunakan untuk  slot online tujuan umum dan di industri otomotif yang ditempatkan, Philips dan Pozidriv.

Obeng Berlubang

Slotted atau juga dikenal sebagai obeng kepala datar adalah yang tertua dari jenis drive dan digunakan pada awal 1800-an dan merupakan salah satu drive paling umum yang mungkin Anda lihat. Bilah datar kepala harus cocok dengan rumpun di sekrup berlubang.

Saat menggunakan obeng berlubang, selalu disarankan untuk menemukan driver ukuran yang tepat untuk sekrup, ujung mata pisau harus sama lebarnya dengan kepala sekrup dan pas dengan slotnya. Jika ukuran yang salah digunakan, potensi untuk tergelincir keluar dari alur di sekrup berlubang sangat meningkat dan Anda akan merusak atau melepaskan kepala sekrup sehingga sangat sulit atau tidak mungkin untuk memasang atau melepasnya.

Obeng Philips

Philips atau obeng silang adalah drive paling umum kedua. Diciptakan oleh Henry Phillips pada 1930-an, ini pertama kali diadopsi oleh industri otomotif dan tetap menjadi jenis penggerak dominan di industri hingga hari ini. Obeng Philips memiliki kepala berbentuk X yang cocok dengan rumpun sekrup berbentuk X.

Obeng Philips dirancang untuk secara sengaja terlepas (lepas dari sekrup) setelah tingkat torsi tertentu tercapai untuk membantu mencegah kerusakan sekrup dan mengupasnya.

Obeng Pozidriv

Obeng Pozidriv mirip dengan obeng Philips tetapi ditingkatkan. Jika drive Philips dirancang dengan sisi membulat dan miring sehingga akan keluar, obeng Pozidriv memiliki sisi lurus dan memiliki set fitur silang kedua yang diatur pada 45 derajat dari titik silang tengah, obeng ini juga memiliki ujung persegi kecil. Ini memberi Pozidriv lebih sedikit peluang untuk terlepas dari sekrup.

Salah satu kelemahan menggunakan Pozidriv adalah tampilannya sangat mirip dan membutuhkan sekrup Pozidriv. Sangat mudah untuk membuat kesalahan pada sekrup yang berbeda dan jika driver yang salah digunakan dapat merusak kepala sekrup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *